VISI, MISI" name="description">  VISI, MISI" />

Artikel Blog

Visi Misi UPT SMPN 1 Pangsid

 VISI, MISI dan Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan kedua tujuan pendidikan tersebut, maka dirumuskan visi dan misi SMP Negeri 1 Pangsid sebagai berikut :

 

A.    Visi Sekolah

●      Visi Kabupaten Sidenreng Rappang

” TERWUJUDNYA SIDENRENG RAPPANG YANG MAJU DAN TERKEMUKA BERSAMA MASYARAKAT RELIGIUS DENGAN PENDAPATAN MENINGKAT DUA KALI LIPAT ”

●      Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Sidenreng Rappang

”TERWUJUDNYA PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN BERKARAKTER DENGAN DUKUNGAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG RELIGIUS DAN PROFESIONAL”

     Sejalan dengan Visi Kabupaten Sidenreng Rappang dan Visi Dinas Pendidikan maka disusunlah sebuah Visi untuk SMP Negeri 1 PANGSID sebagai berikut :

●      Visi SMP Negeri 1 PANGSID

Unggul dalam Prestasi, Berkarakter, Terampil, dan Mandiri  serta Berwawasan Lingkungan”

B.    Misi Sekolah

●      Salah satu Misi Kabupaten Sidenreng Rappang yang berkaitan dengan dunia pendidikan

“Meningkatkan dan Mengembangan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi berdasarkan keimanan dan ketakwaan”

 

●      Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Sidenreng Rappang

a.     Meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

b.     Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang layak, memadai dan berkualitas

c.       Membentuk insan pendidikan yang beriman, bertaqwa, dan berahlak mulia dengan tetap memegang teguh nilai – nilai budaya daerah dan nasiona

Berdasarkan Misi dari Kabupaten Sidenreng Rappang dan Misi dari Dinas Pendidikan maka Misi SMP Negeri 1 PANGSID kami susun sebagai berikut:

●      Misi SMP Negeri 1 PANGSID

1.     Mengembangkan sumber daya secara optimal dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang berdaya saing.

2.     Mengembangkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan

3.     Mewujudkan pengembangan, implementasi Kurikulum 2013 dan implementasi Kurikulum Merdeka

4.     Mewujudkan karakter peserta didik dan nilai-nilai budaya lokal 

5.     Mengembangkan pengetauan dan keterampilan peserta didik secara optimal

6.     Mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan pendidikan

7.     Mengembangkan sarana prasarana sekolah yang memadai

8.     Mewujudkan pendidikan yang berkeadilan melalui pelaksaan pendidikan inklusif

 

C.    Motto SMP Negeri 1 Pangsid

“Cepat melayani, Cerdas Mengayomi”

 

 

D.    Tujuan Sekolah

1.     Tujuan Sekolah 4 (empat) Empat Tahun ke Depan

a.      Sekolah mampu menghasilkan  lulusan yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman, dan bertakwa dengan kompetensi bertaraf nasional (kerja keras, disiplin, kreatif)

b.     Sekolah mampu menghasilkan kurikulum sekolah (KTSP) dan SKL  bertaraf nasional (kerja keras, semangat kebangsaan).

c.      Sekolah mampu menyelesaikan  akreditasi nasional dengan nilai A (kerja keras, disiplin, kreatif).

d.     Sekolah mampu menghasilkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif, dan berbasis TIK (kerja keras, disiplin, kreatif).

e.      Sekolah mampu menghasilkan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir, dan bertaraf nasional (kreatif, tanggung jawab).

f.      Sekolah mampu menghasilkan pembiayaan pendidikan memadai, wajar, transparan dan akuntabel sesuai dengan tuntutan pendidikan yang bertaraf nasional (jujur).

g.     Sekolah mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan beretos kerja, tangguh, profesional, dan memiliki kompetensi bertaraf nasional (rasa ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, kerja keras).

h.     Sekolah mampu menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah yang kokoh dan manajemen bertaraf nasional (kerja keras, mandiri, disiplin).

i.       Sekolah mampu menghasilkan penilaian pendidikan bertaraf nasional (rasa ingin tahu, tanggung jawab, kreatif, kerja keras).

j.       Sekolah mampu menghasilkan prestasi bidang akademik dan nonakademik yang kompetitif tingkat nasional (kerja keras, disiplin, kreatif).

k.     Sekolah mampu mengembangkan budaya baca, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan kepada semua komponen sekolah (religius, jujur).

l.       Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan wawasan wiyata mandala dalam mendukung pencapaian prestasi tingkat nasional (peduli lingkungan, cinta tanah air)

 

2.     Tujuan Sekolah untuk 1 (satu) tahun

  1. Standar Isi (Kurikulum)

1)     Sekolah memiliki seperangkat kurikulum semua mata pelajaran pada semua tingkatan.

2)     Sekolah memiliki seperangkat pemetaan SK dan KD semua mata pelajaran pada setiap tingkatan.

3)     Sekolah memiliki seperangkat silabus semua pelajaran pada setiap tingkatan.

4)     Sekolah memiliki RPP semua mata pelajaran untuk semua tingkatan yang berlandaskan akhlakul karimah.

5)     Memiliki berbagai perangkat penilaian untuk semua mata pelajaran.

6)     Memiliki kalender pendidikan yang sesuai dengan pedoman.

  1. Standar Proses

1)     Sekolah dalam rangka melaksanakan implementasi Kurikulum 2013 mulai menerapkan Saintific Learning pada proses pembelajaran,

2)     Sekolah dapat mengembangkan dan melaksanakan penilaian secara optimal dengan mulai menerapkan penilaian autentik.

3)     Sekolah dapat mengembangkan berbagai bahan dan sumber pembelajaran yang memadai.

c.      Standar Kelulusan

1)     Sekolah dapat meningkatkan perolehan rata-rata nilai Ujian Nasional sebesar 0,5

2)     Sekolah dapat meningkatkan persentase kelulusan sampai dengan 100 %

3)     Sekolah dapat meningkatkan prestasi dalam kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival Seni Nasional (FSN), dan Siswa Berprestasi sampai ke tingkat Provinsi dan Nasional.

d.     Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1)     Sekolah dapat mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan

2)     Sekolah dapat melaksanakan pengembangan kompetensi tenaga pendidik (pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional).

3)     Sekolah dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani.

4)     Sekolah dapat melaksanakan peningkatan kinerja tenaga administrasi.

5)     Sekolah dapat menambah kuantitas tenaga kependidikan profesional yang berakhlakul karimah.

6)     Sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap guru dan TU.

e.      Standar Pengelolaan/Manajemen

1)     Sekolah dapat melaksanakan pengelolaan administrasi sekolah secara optimal

2)     Sekolah dapat meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan melibatkan partisipasi stakeholder secara optimal

3)     Sekolah dapat meningkatkan pemberdayaan komite sekolah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi secara optimal

4)     Sekolah dapat menumbuhkan jaringan informasi akademik di internal sekolah

5)     Sekolah dapat melaksanakan monitoring dan evaluasi

6)     Sekolah dapat melaksanakan supervisi klinis

7)     Sekolah dapat meningkatkan jaringan kerjasama dengan dinas instansi terkait dan sekolah lain.

8)     Sekolah mulai mempersiapkan implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.

  1. Standar Sarana dan Prasarana

1)     Sekolah dapat mengadakan dan mengembangkan media serta alat pembelajaran yang optimal.

2)     Sekolah dapat menyediakan laboratorium IPA dan laboratorium bahasa.

3)     Sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

4)     Tersedianya ruang sebaguna yang representatif.

 

  1. Standar Pembiayaan

1)     Sekolah dapat meningkatkan jalinan kerjasama dan menggali dari dunia usaha dan industri

2)     Sekolah dapat menumbuhkan sikap kewirausahaan di sekolah dengan melaksanakan subsidi silang

  1. Standar Penilaian

a.      Sekolah dapat melaksanakan dan mengembangkan model-model evaluasi pembelajaran sesuai dengan pedoman

b.     Sekolah dapat melaksanakan pengembangan instrumen evaluasi untuk semua mata pelajaran

c.      Sekolah dapat mengimplementasikan model-model evaluasi pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah dan kelompok anak lainnya.

 

E.    Sasaran 

Sasaran kurikulum ini adalah ditujukan kepada semua elemen sekolah termasuk; peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan serta para stik holder, dengan mengembangkan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Sekolah mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator,  untuk aspek semua mata pelajaran pada tahun 2020 bagi kelas IX dan mempersiapkan modul ajar untuk persiapan penerapan Kurikulum Merdeka pada Tahun pelajaran 2024/2025.
  2. Sekolah mengembangkan pemetaan KI,KD dan indikator untuk  kelas VII dan kelas VIII pada semua mata pelajaran mulai tahun 2020 mempersiapkan modul ajar untuk persiapan penerapan Kurikulum Merdeka pada Tahun pelajaran 2023/2024.
  3. Sekolah mengembangkan silabus untuk kelas VII – IX semua mata pelajaran pada tahun 2015 dan Alur Tujuan Pembelajaran untuk persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.
  4. Sekolah mengembangkan sistim penilaian semua mata pelajaran pada tahun 2020
  5. Sekolah mengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas VII - IX untuk semua mata pelajaran.
  6. Sekolah mengembangan kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas VII - IX semua mata pelajaran.
  7. Sekolah mengembangkan silabus muatan lokal.
  8. Sekolah mencapai standar kualifikasi pendidikan guru setara S-1.
  9. Sekolah mencapai semua guru telah mengikuti Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi (PTBK).
  10. Sekolah mencapai standar kualifikasi pendidikan tenaga kependidikan setara D-3.
  11. Sekolah mewujudkan efektifitas dan efisiensi kinerja tenaga kependidikan.
  12. Sekolah mewujudkan pelatihan dibidang teknologi bagi guru dan tenaga kependidikan.
  13. Sekolah menyediakan alat peraga pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
  14. Sekolah mencapai standar proses pembelajaran dengan strategi CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan scientific, pendekatan pembelajaran individual.
  15. Sekolah mewujudkan kemampuan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang cerdas dan kompetitif.
  16. Sekolah mewujudkan kemampuan Baca Tulis Huruf Al-Quran (BTHQ) bagi seluruh peserta didik yang beragama Islam.
  17. Sekolah memiliki tim qori, qoriah, dan da’i yang handal di tingkat kabupaten.
  18. Sekolah memiliki tim cerdas cermat keagamaan juara tingkat kabupaten.
  19. Sekolah mewujudkan kemampuan berbahasa Inggris yang kompetitif bagi peserta didik minimal 50 orang.
  20. Sekolah mewujudkan tim olimpiade MIPA tingkat propinsi.
  21. Sekolah mewujudkan tempat ibadah yang representative.
  22. Sekolah mewujudkan sarana dan prasarana ibadah yang representative.
  23. Sekolah mewujudkan perpustakaan yang representative.
  24. Sekolah memiliki buku pokok mata pelajaran dengan perbandingan satu siswa satu buku.
  25. Sekolah memiliki buku-buku penunjang yang relevan.
  26. Sekolah menyediakan buku-buku informasi umum: keagamaan, fiksi, ensiklopedi, sastra, biografi, seni budaya, olahraga, BK dan keterampilan.
  27. Sekolah mewujudkan laboratorium IPA yang representatif.
  28. Sekolah mewujudkan laboratorium komputer yang representatif.
  29. Sekolah mewujudkan laboratorium bahasa yang representatif.
  30. Sekolah memiliki alat-alat dan bahan-bahan laboratorium IPA, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa yang lengkap.
  31. Sekolah memiliki komputer yang layak guna minimal 50 unit.
  32. Sekolah memiliki internet.
  33. Sekolah memiliki gedung serbaguna yang representatif.
  34. Sekolah memiliki lapangan olahraga standar nasional.
  35. Sekolah memiliki alat-alat olahraga yang berkualitas.
  36. Sekolah mewujudkan ruang seni budaya yang representatif.
  37. Sekolah memiliki alat-alat kesenian yang berkualitas.
  38. Sekolah memiliki WC siswa minimal 10 ruang.
  39. Sekolah memilki ruangan BK yang representatif dilengkapi dengan mebeler.
  40. Sekolah mewujudkan peserta didik yang berimtaq tinggi.
  41. Sekolah mewujudkan peserta didik yang gemar membaca dengan kekerapan kunjungan ke perpustakaan minimal 20 kali dalam 1 bulan.
  42. Sekolah mewujudkan peserta didik yang terampil menggunakan alat-alat laboratorium.
  43. Sekolah mewujudkan peserta didik terampil mengoperasikan internet.
  44. Sekolah memiliki tim / atlit olahraga beladiri juara tingkat nasional
  45. Sekolah memiliki tim/atlit olahraga bulutangkis, tenis meja juara tingkat propinsi.
  46. Sekolah memiliki tim/atlit olahraga basket, volly, futsal, sepak bola juara tingkat kabupaten.
  47. Sekolah memiliki grup nasyid, band, teater, dan tari yang siap tampil di tingkat propinsi.
  48. Sekolah memiliki peserta didik yang terampil dalam bidang seni lukis tingkat kabupaten.
  49. Sekolah memiliki grup kecapi suling yang siap tampil tingkat kabupaten.
  50. Sekolah mencapai nilai rata-rata Ujian Nasional / Ujian Sekolah minimal dengan kenaikan 0,5.
  51. Sekolah mencapai kelulusan peserta didik 100%.
  52. Sekolah mewujudkan pengelolaan yang akuntabel.
  53. Sekolah memiliki struktur organisasi yang kualifide.
  54. Sekolah memiliki koperasi warga yang sehat.
  55. Sekolah mencapai prestasi akademis tertinggi tingkat provinsi
  56. Sekolah memiliki kelas unggulan.
  57. Sekolah mangadakan 20 buah Infokus/Projector untuk pembelajaran.
  58. Sekolah mewujudkan tiada hari tanpa baca Al Qur’an.
  59. Sekolah melaksanakan sholat dhuha.

Ramaikan Visi dan Misi UPT SMPN 1 Pangsid dengan membuat twibbon dengan Klik Disini