Artikel Blog

MENYUSUN MPLS SD NEGERI 15 PANGKAJENE

 

FONDASI YANG DIKEMBANGKAN TUJUAN PEMBELAJARAN/ TUJUAN KEGIATAN TOPIK PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN ASESMEN/ PENILAIAN
  • Mengenal Nilai Agama dan Budi Pekerti.
  • Mengenal konsep Tuhan YME dan mengetahui kegiatan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaannya.
  • Bersedia menjalin interaksi dengan teman sebaya.

Siswa saling mengenal guru, orang tua dan teman sebayanya (pada kegiatan ini, orang tua juga dapat dilibatkan untuk bersama-sama berkenalan) (105'=3 JP)

Kegiatan Wajib 1:   

Pengenalan potensi diri siswa baru.

Perkenalan Diri Anggota Keluarga (Orang Tua) dengan lingkungan belajar. 

Hari ke: 1

Pendahuluan

l  Upacara / Apel Pagi

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

https://www.youtube.com/watch?v=-zfjrmiTJ7U

Kepala sekolah memperkenalkan guru dan tendik

Pengenalan visi, misi dan tujuan sekolah

Orang tua menyerahkan peserta didik (Secara Simbolis) kepada sekolah.

 

Kegiatan Inti

l  Berdoa

Menyanyikan lagu

        Hari Pertama Masuk Seklolah

https://www.youtube.com/watch?v=nYwZeX1qG7E

l  Perkenalan diri guru

Memberi kesempatan untuk peserta didik untuk memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan (nama dan alamat tempat tinggal)

Mengajak siswa untuk saling berkenalan di kelas

 

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini

Merefleksi terhadap teman di kelasnya

Merefleksi guru yang mengajar

Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari esok

Kegiatan diakhiri dengan doa

 

Formatif Awal

Contoh 1 Kegiatan Masa perkenalan anak.docx

Keterampilan Sosial dan bahasa:

-  Dapat mengucapkan kata tolong, saat akan meminta bantuan kepada teman


Dapat mengucapkan permintaan maaf dan terimkasih

Siswa mengenal lingkungan sekolahnya (105’= 3JP)

 

Kegiatan Wajib 2.:  Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, terhadap aspek Keamanan, Fasilitas Umum dan sarana prasarana sekolahu
  •    Mengenal Lingkungan Sekolah dengan menjaga kebersihan
  •    Menjaga sikap sopan dan santun dengan mengenalkan kata “Tolong, Maaf, dan terima kasih”

Hari ke: 2

Pendahuluan

l  Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan

-          Siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah (tata tertib, antri, sopan santun dan keamanan).

Doa Bersama yang di pimpin oleh salah satu peserta didik

3  Menyanyikan lagu “Pagiku Cerahku”

Kegiatan Inti

l  Perkenalan Lingkungan Sekolah melalui
- Prestasi dan kegiatan

 Setelah selesai siswa kembali ke kelas dengan tertib serta mengucapkan hal positif yang sudah di ajarkan

 Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman yang telah dilakukan beserta fungsi dari setiap ruangan

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang di alami hari ini

merefleksikan guru dan teman di kelas

kegiatan di akhiri dengan doa bersama dan pesan-pesan moral dari guru

Formatif

Kematangan Emosi:

-          Mampu menunggu dalam waktu tertentu


Dapat mempertahankan perhatian untuk mengikuti kegiatan di kelas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usianya”

Siswa menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. (105’= 3 JP)
Kegiatan Wajib 3.:  Menumbuhkan motivasi, semangat, cara belajar

Respon Positif:

-  Sabar menunggu

Konsentrasi menyimak

Hari Ke: 3

Pendahuluan

l  Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan

-          Senam

 

 

 

Kegiatan Inti

l  Melakukan Ice Breaking tangan ke atas.

l  Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu peserta didik.

l  Menjelaskan aturan dan tata tertin di kelas

l  Guru menyiapkan kartu bilangan angka 1 – 10 dan benda-benda konkrit

l  Siswa menuliskan jumlah benda yang diambil kemudian di presentasikan di depan kelas

l  Melakukan Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan dari hari-hari sebelumnya.

 

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini

Kegiatan diakhiri dengan doa dan pesan-pesan moral dari guru