FONDASI YANG DIKEMBANGKAN | TUJUAN PEMBELAJARAN/ TUJUAN KEGIATAN | TOPIK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ASESMEN/ PENILAIAN |
|
Siswa saling mengenal guru, orang tua dan teman sebayanya (pada kegiatan ini, orang tua juga dapat dilibatkan untuk bersama-sama berkenalan) (105'=3 JP) Kegiatan Wajib 1: Pengenalan potensi diri siswa baru. |
Perkenalan Diri Anggota Keluarga (Orang Tua) dengan lingkungan belajar. |
Hari ke: 1 Pendahuluan l Upacara / Apel Pagi 2 Menyanyikan lagu Indonesia Raya https://www.youtube.com/watch?v=-zfjrmiTJ7U 3 Kepala sekolah memperkenalkan guru dan tendik 4 Pengenalan visi, misi dan tujuan sekolah 5 Orang tua menyerahkan peserta didik (Secara Simbolis) kepada sekolah.
Kegiatan Inti l Berdoa 2 Menyanyikan lagu Hari Pertama Masuk Seklolah https://www.youtube.com/watch?v=nYwZeX1qG7E l Perkenalan diri guru 2 Memberi kesempatan untuk peserta didik untuk memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan (nama dan alamat tempat tinggal) 3 Mengajak siswa untuk saling berkenalan di kelas
Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini 2 Merefleksi terhadap teman di kelasnya 3 Merefleksi guru yang mengajar 4 Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari esok 5 Kegiatan diakhiri dengan doa
|
Formatif Awal Contoh 1 Kegiatan Masa perkenalan anak.docx |
Keterampilan Sosial dan bahasa: - Dapat mengucapkan kata tolong, saat akan meminta bantuan kepada teman Dapat mengucapkan permintaan maaf dan terimkasih |
Siswa mengenal lingkungan sekolahnya (105’= 3JP) Kegiatan Wajib 2.: Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, terhadap aspek Keamanan, Fasilitas Umum dan sarana prasarana sekolahu |
|
Hari ke: 2 Pendahuluan l Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan - Siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah (tata tertib, antri, sopan santun dan keamanan). 2 Doa Bersama yang di pimpin oleh salah satu peserta didik 3 Menyanyikan lagu “Pagiku Cerahku” Kegiatan Inti l Perkenalan Lingkungan Sekolah melalui 2 Setelah selesai siswa kembali ke kelas dengan tertib serta mengucapkan hal positif yang sudah di ajarkan 3 Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman yang telah dilakukan beserta fungsi dari setiap ruangan Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang di alami hari ini 2 merefleksikan guru dan teman di kelas 3 kegiatan di akhiri dengan doa bersama dan pesan-pesan moral dari guru |
Formatif |
Kematangan Emosi: - Mampu menunggu dalam waktu tertentu
|
Siswa menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. (105’= 3 JP) |
Respon Positif: - Sabar menunggu Konsentrasi menyimak |
Hari Ke: 3 Pendahuluan l Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan - Senam
Kegiatan Inti l Melakukan Ice Breaking tangan ke atas. l Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu peserta didik. l Menjelaskan aturan dan tata tertin di kelas l Guru menyiapkan kartu bilangan angka 1 – 10 dan benda-benda konkrit l Siswa menuliskan jumlah benda yang diambil kemudian di presentasikan di depan kelas l Melakukan Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan dari hari-hari sebelumnya.
Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini Kegiatan diakhiri dengan doa dan pesan-pesan moral dari guru |