FONDASI YANG DIKEMBANGKAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN/ TUJUAN KEGIATAN |
TOPIK PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
ASESMEN/PENILAIAN |
- Mengenal Nilai Agama dan Budi Pekerti. - Mengenal konsep Tuhan YME dan mengetahui kegiatan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaannya - Bersedia menjalin interaksi dengan teman sebaya |
Siswa saling mengenal guru, orang tua dan teman sebayanya (pada kegiatan ini, orang tua juga dapat dilibatkan untuk bersama-sama berkenalan) (105’= 3 JP)
Kegiatan Wajib 1 : Pengenalan potensi diri siswa baru |
Perkenalan Diri dan Anggota Keluarga (orang tua) dengan lingkungan belajar |
Hari ke: 1 Pendahuluan l Apel Pagi l Menyanyikan lagu Indonesia Raya https://www.youtube.com/watch?v=-zfjrmiTJ7U l Kepala sekolah memperkenalkan guru dan tendik l Pengenalan visi, misi dan tujuan sekolah l Orangtua menyerahkan peserta didik (secara simbolis) kepada sekolah
Kegiatan Inti l Berdoa l Menyanyikan lagu : Pagiku cerahku l Perkenalan diri guru l Memberi kesempatan untuk peserta didik untuk memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan (nama dan alamat tempat tinggal) l Mengajak siswa untuk saling berkenalan di kelas
Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini l Merefleksi terhadap teman di kelasnya l Merefleksi guru yang mengajar l Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari esok l Kegiatan diakhiri dengan doa
|
Formatif Awal Contoh 1 Kegiatan Masa perkenalan anak.docx |
Keterampilan Sosial dan bahasa: - Dapat mengucapkan kata tolong, saat akan meminta bantuan kepada teman - |
Siswa mengenal lingkungan sekolahnya (105’= 3JP)
Kegiatan Wajib 2.: Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, terhadap aspek Keamanan, Fasilitas Umum dan sarana prasarana sekolahu |
- Mengenal Lingkungan Sekolah dengan menjaga kebersihan - Menjaga sikap sopan dan santun dengan mengenalkan kata “Tolong, Maaf, dan terima kasih” |
Hari ke: 2 Pendahuluan l Menyanyikan lagu “Pagiku Cerahku” l Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan Ø Siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah (tata tertib, antri, sopan santun dan keamanan) l Bermain game Ekor Naga
Kegiatan Inti l Doa Bersama yang di pimpin oleh salah satu peserta didik l Perkenalan lingkungan sekolah melalui video Ø Video fasilitas sekolah Ø Prestasi dan kegiatan Ø Lagu maaf, tolong dan terimakasih l Siswa bersama guru melakukan Tanya jawab tentang pengalaman yang telah dilakukan beserta fungsi dari setiap ruangan Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang di alami hari ini l merefleksikan guru dan teman di kelas l kegiatan di akhiri dengan doa bersama dan pesan-pesan moral dari guru
|
Formatif |
Kematangan Emosi: - Mampu menunggu dalam waktu tertentu - Dapat mempertahankan perhatian untuk mengikuti kegiatan di kelas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usianya” |
Siswa menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. (105’= 3 JP) |
Respon Positif: - Sabar menunggu - Konsentrasi menyimak |
Hari Ke: 3 Pendahuluan l Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan Ø Senam Ø Game tebak kata/kalimat/gaya
Kegiatan Inti l Melakukan Ice breaking Ø Tangan ke atas l Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu peserta didik l Menjelaskan aturan dan tata tertib di kelas l Guru menyiapkan kartu bilangan angka 1 -10 dan benda benda konkrit l Siswa menunjukkan jumlah bilangan benda konkrit l Siswa menuliskan jumlah benda yang diambil kemudian di presentasikan di depan kelas l Melakukan Tanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan dari hari-hari sebelumnya.
Penutup l Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini l Kegiatan diakhiri dengan doa dan pesan-pesan moral dari guru |
Formatif |