Artikel Blog

PROGRAM MPLS SDN 10 BENTENG

FONDASI YANG DIKEMBANGKAN

TUJUAN PEMBELAJARAN/ TUJUAN KEGIATAN

TOPIK PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ASESMEN/PENILAIAN

-          Mengenal Nilai Agama dan Budi Pekerti.

-          Mengenal konsep Tuhan YME dan mengetahui kegiatan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaannya

-          Bersedia menjalin interaksi dengan teman sebaya

Siswa saling mengenal guru, orang tua dan teman sebayanya (pada kegiatan ini, orang tua juga dapat dilibatkan untuk bersama-sama berkenalan) (105’= 3 JP)

 

Kegiatan Wajib 1 :  Pengenalan potensi diri siswa baru

Perkenalan Diri dan Anggota Keluarga (orang tua) dengan lingkungan belajar

Hari ke: 1

Pendahuluan

l  Apel  Pagi

l  Menyanyikan lagu Indonesia Raya

https://www.youtube.com/watch?v=-zfjrmiTJ7U

l  Kepala sekolah memperkenalkan guru dan tendik

l  Pengenalan visi, misi dan tujuan sekolah

l  Orangtua menyerahkan peserta didik (secara simbolis) kepada sekolah

 

Kegiatan Inti

l  Berdoa

l  Menyanyikan lagu : Pagiku cerahku

l  Perkenalan diri guru

l  Memberi kesempatan untuk peserta didik untuk memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan (nama dan alamat tempat tinggal)

l  Mengajak siswa untuk saling berkenalan di kelas

 

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini

l  Merefleksi terhadap teman di kelasnya

l  Merefleksi guru yang mengajar

l  Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari esok

l  Kegiatan diakhiri dengan doa

 

 

Formatif Awal

Contoh 1 Kegiatan Masa perkenalan anak.docx

Keterampilan Sosial dan bahasa:

-          Dapat mengucapkan kata tolong, saat akan meminta bantuan kepada teman

-         
Dapat mengucapkan permintaan maaf dan terimkasih

Siswa mengenal lingkungan sekolahnya (105’= 3JP)

 

Kegiatan Wajib 2.:  Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, terhadap aspek Keamanan, Fasilitas Umum dan sarana prasarana sekolahu

-          Mengenal Lingkungan Sekolah dengan menjaga kebersihan

-          Menjaga sikap sopan dan santun dengan mengenalkan kata “Tolong, Maaf, dan terima kasih”

Hari ke: 2

Pendahuluan

l  Menyanyikan lagu “Pagiku Cerahku”

l  Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan

Ø  Siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah (tata tertib, antri, sopan santun dan keamanan)

l  Bermain game Ekor Naga

 

Kegiatan Inti

l  Doa Bersama yang di pimpin oleh salah satu peserta didik

l  Perkenalan lingkungan sekolah melalui video

Ø  Video fasilitas sekolah

Ø  Prestasi dan kegiatan

Ø  Lagu maaf, tolong dan terimakasih

l   Siswa bersama guru melakukan Tanya jawab tentang pengalaman yang telah dilakukan beserta fungsi dari setiap ruangan

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang di alami hari ini

l  merefleksikan guru dan teman di kelas

l  kegiatan di akhiri dengan doa bersama dan pesan-pesan moral dari guru

 

Formatif

Kematangan Emosi:

-          Mampu menunggu dalam waktu tertentu

-          Dapat mempertahankan perhatian untuk mengikuti kegiatan di kelas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usianya”

Siswa menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. (105’= 3 JP)
Kegiatan Wajib 3.:  Menumbuhkan motivasi, semangat, cara belajar

Respon Positif:

-          Sabar menunggu

-          Konsentrasi menyimak

Hari Ke: 3

Pendahuluan

l  Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan

Ø  Senam

Ø  Game tebak kata/kalimat/gaya

 

 

Kegiatan Inti

l  Melakukan Ice breaking

Ø  Tangan ke atas

l  Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu peserta didik

l  Menjelaskan aturan dan tata tertib di kelas

l  Guru menyiapkan kartu bilangan angka 1 -10 dan benda benda konkrit

l  Siswa menunjukkan jumlah bilangan benda konkrit

l  Siswa menuliskan jumlah benda yang diambil kemudian di presentasikan di depan kelas

l  Melakukan Tanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan dari hari-hari sebelumnya.

 

Penutup

l  Melakukan refleksi kegiatan yang dialami hari ini

l  Kegiatan diakhiri dengan doa dan pesan-pesan moral dari guru

Formatif