Alhamdulillah... Dokumentasi Kegiatan Workshop Praktik Pembelajaran Inovatif yang dilaksanakan oleh Civitas Akademika UPT SD Negeri 10 Benteng.
Kali bersama dengan Pemateri Andalan dari Baranti yang selama ini aktif berbagi Ilmu tentang pendidikan dan pembelajaran diberbagai komunitas. Beliau adalah Bapak Wahyu Hafiz Bumi Saputra, S.Pd.,G r.,M.Pd. yang merupakan Kepala UPT. SD Negeri 1 Tonrong. Selain itu Beliau juga merupakan Aktifis dari Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Sidrap dan Sekolah Guru Indonesia (SGI).
Pembelajaran inovatif sangat diperlukan dalam rangka upaya peningkatan kualitas pembelajaran dari peserta didik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran yang efektif.
Pada kegiatan Workshop kali ini, Ada 3 Pemanfaatan Aplikasi atau Platform yang bisa dimaksimalkan untuk menghadirkan Pembelajaran yang inovatif yaitu QUIZIZ, CANVA FOR EDUCATION, dan PMM.
1. QUIZIZZ
Aplikasi Quizizz merupakan permainan interaktif yang dapat dikaitkan dengan mata pelajaran di berbagai jenjang kelas. Quizizz juga merupakan kuis online terdiri dari soal dan 4 pilihan jawaban termasuk jawaban benar diantara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan bisa disisipkan gambar sesuai dengan keinginan. Soal yang sudah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan 6 digit kode.
Selanjutnya Quizizz jg dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Selain itu Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh peserta didik asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.
2. CANVA FOR EDUCATION
Canva merupakan program desain online yang menyediakan berbagai macam media pembelajaran seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, buletin, dan lain sebagainya. Adapun jenis-jenis presentasi yang ada pada aplikasi Canva diantaranya presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Canva juga menyediakan fitur-fitur atau kegunaannya untuk pendidikan, yaitu sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, interaktif, dan kolaboratif sehingga membuat pembelajaran menjadi mudah dan menyenangkan
Slanjutnya sebagai aplikasi yang berbasis teknologi, Canva menyiapkan ruang belajar bagi setiap guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran dengan mengandalkan media pembelajaran berbasis teknologi. Canva menyediakan lebih banyak template menarik yang bisa menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran.
Selain dimanfaatkan untuk membuat bahan ajar dengan tampilan presentasi yang inovatif. Bagi Guru, dengan canva mereka juga dapat memakai berbagai template dengan warna menarik dan tambahan font lainnya untuk memperindah background video pada saat ditampilkan.
3. PMM
Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan sarana edukasi digital yang memiliki tiga fitur utama yaitu Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Salah satu aspek penting dari platform ini adalah perannya dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, yang menjadi landasan dalam memwujdkan pendidikan yang lebih inklusif, kreatif, dan kolaboratif di Indonesia.
Pada era digital seperti saat ini, PMM memiliki peran yang signifikan dalam menyediakan referensi bagi para guru dalam mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Salah satu keunikan dari PMM yaitu hadirnya konten-konten yang dikembangkan secara khusus oleh Kemendikbudristek. Konten-konten tersebut memberikan pemahaman lebih mendalam saat pelaksanaan dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah aktif terlibat dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, PMM bukan hanya sekadar sebagai platform edukasi, akan tetapi juga menjadi teman bagi guru-guru dalam menghadapi tantangan dan perubahan dalam dunia pendidikan.
Barakallahu fiikum...