Alhamdulillah... Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Oleh Civitas Akademika UPT SD Negeri 10 Benteng berkolaborasi dengan Pemateri Hebat dari Sekolah Penggerak UPT SD Negeri 1 Amparita, Ibu Netti Muhammadong, S.Pd.I.,M.Pd.I. yang merupakan salah satu Anggota Komunitas Guru Penggerak Kab. Sidrap sekaligus Fungsionaris DPW AGPAII Sulsel dan Ibu Hayani, S.Pd. yang merupakan Guru PKP Sekolah Penggerak Kab. Sidrap.
Selama ini kadang kita beranggapan bahwa setiap kali ada kegiatan yang berorientasi pada Olahan makanan tradisional, karya/produk kreatif dari peserta didik, ataukah kegiatan yang dilaksanakan diluar kelas yang dilaksanakan dalam kurung satu hari, maka kita langsung menganggap bahwa itu adalah kegiatan P5.
Melalui kegiatan ini, kami mendapat banyak pencerahan dan petujuk sekaitan dengan kegiatan P5.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.
Adapun Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Sementara Alur perencanaan P5 yaitu:
Tahap 1: Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pada tahap awal kepala sekolah menyusun tim fasilitator projek di tingkat satuan pendidikan masing-masing. Harap diketahui bahwa tim fasilitator inilah yang nantinya berperan merencanakan dan melaksanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasilauntuk seluruh kelas.
Tahap 2: Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan
Setelah tahap pertama selesai dilakukan, selanjutnya kepala satuan pendidikan bersama tim fasilitator melakukan analisa dan refleksi yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam melakukan projek ini.
Tahap 3: Merancang Dimensi, Tema, dan Alokasi Waktu
Tim Fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar Pancasila dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya
Tahap 4: Menyusun Modul
Tim fasilitator menyusun modul projek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum: Menentukan subelemen (tujuan projek); Mengembangkan topik, alur, dan durasi projek, serta; Mengembangkan aktivitas dan asesmen projek.
Modul projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisi:
- Tujuan
- Langkah
- Media pembelajaran
- Asesmen
Tahap 5: Merancang Strategi Laporan Pelaksanaan Projek
Tahapan terakhir dari alur perencaan projek Pelajar Pancasila adalah perancangan strategi pelaporan, dimana pada tahap ini tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek.
Barakallahu fiikum...